Rabu, 07 September 2011

Bekam

1. Pengertian Bekam :
Bekam, secara bahasa adalah menghisap, sedangkan menurut istilah adalah peristiwa penghisapan kulit. Menurut kitab-kitab Arab bekam adalah : " mengeluarkan darah dari kulit dengan cara menghisap, kemudian penyayatan ringan pada permukaan kulit, kemudian dilakukan penghisapan lagi agar darah bisa keluar dan menimbulkan kesembuhan dengan izin Alloh Swt "

2. Hadist-hadist tentang bekam,                                                                                                                Banyak terdapat hadist yang memberitakan tentang bekam, tetapi hanya akan di sampaikan beberapa saja, yaitu :
Rasulullah Saw, bersabda : " lima hal termasuk sunnah para Rasul adalah : malu, pemaaf, bekam, siwak dan wewangian (HR.Tobroni dan Ibnu Jarir) 
dari Sa'id bin Jubair dari Ibnu Abbas Rasulullah Saw, bersabda :" kesembuhan itu ada pada 3 hal, yaitu : minum madu, sayatan dengan pisau bekam dan Kay.Namun aku melarang umatku melakukan kay            (HR. Bukhori) 
3. Titik-titik Bekam dan Manfaatnya
a. Puncak Kepala, bermanfaat untuk: Aneka penyakit, Vertigo, Sinusitis, Mimisan, Radang Hidung/Rhinitis, Glaukoma, Prolapsus Uteri/rahim, Prolapsus rekti/rektum, Gangguan emosional, Telinga berdengung/Tinitus, Epilepsi, Sakti Ubun-ubun, dan Darah tinggi.
b. Urat Leher, bermanfaat untuk : Pusing, Punggung & leher kaku/nyeri, TBC kelenjar limfe, Muka Bengkak, Tuli Mendadak, Nyeri pada Gigi, Radang tulang mastoid, Telinga Berdengung, Gondongan..  
c.Punuk, bermanfaat untuk : Rdang Selaput Otak/Meningitis, Asma Bronkialis, TBC, Kejang & Sakit Kepala, Flu, Batuk, Pilek, Leher Kaku/tegang, Kelumpuhan Tungkai, Peradangan Sendi Lutut, Ayan, Nyeri Otot Pundak & Punggung, Gangguan Pada Mata, Darah Tinggi, dan Gangguan Pada Jantung.                       d. Bahu, bermafaat : Nyeri & Berat pada Bahu/Pundak, Leher agak Kaku, Memperbaiki tingkat Kolesterol, Tekanan Darah, Gangguan Jantung, Leher Kaku, Radang Kelenjar Susu, Masuk Angin, BAtuk Pilek, Stroke, dll.
e. Pinggang, bermanfaat untuk : Sering Kencing, Diabetes, Nyeri Pinggang, Radang/Batu Ginjal, Haid tidak teratur, impotensi, Anyang-anyangan, Nyeri Buang Air Kecil/Disuria, Gangguan Prostat, Beser Mani, ngompol, Hiper Se, Kolik Ginjal, Kencing Darah pada Batu Ginjal, Sering Kencing, Urine Sedikit, Diare Kronis, Susah Tidur, Keputihan, Kuping Berbunyi.
f. Betis, bermanfaat, : Nyeri Pinggang, Urat Terplilin, Sakit Dalam Tulang Kering, Beri-beri, Semua Cedera dan Trauma, Nyeri & kejang Betis, Lumbago, Wasir, Hematuria, Nyeri Tungkai Bawah, Keistimewaannya mempengaruhi dubur.
Dan masih banyak lagi titik bekam yang belum  bisa terbahas.                                                                                                                                                  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar